pesandarisurga

ZerO-CooL

Proses Model Pada Sistem Operasi 29 February 2012

Filed under: Artikel — pesandarisurga @ 10:19

PROSES

Proses pada hakekatnya adalah eksekusi program pada sistem operasi. Sebuah proses akan membutuhkan sumber daya tertentu seperti waktu pemrosesan, memori, file, dan peralatan I / O untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya ini dialokasikan untuk proses yang baru dibuat atau ketika sedang dieksekusi oleh CPU.

Proses adalah unit kerja dari sistem, atau bisa dikatakan sistem terdiri da- ri kumpulan proses. Pada sistem operasi terjadi dua model eksekusi proses, yaitu sistem kode yang dilakukan oleh sistem operasi, dan user kode atau program yang dijalankan oleh user. Semua proses ini dapat dieksekusi secara bersamaan. Proses tradisional hanya berisi thread tunggal pada saat eksekusi, sedangkan sistem operasi modern sekarang mendukung proses yang memiliki beberapa thread. Sistem operasi bertanggung jawab untuk aktivitas berikut di sehubungan dengan proses dan manajemen thread: penciptaan dan penghapusan baik proses pengguna dan proses sistem; penjadwalan proses; dan penyediaan mekanisme untuk sinkronisasi, komunikasi, dan kebuntuan penanganan untuk proses (dead lock).

 PROSES PADA LINUX

Sistem operasi Linux dikembang dengan mengadopsi prinsip-prinsip yang digunakan pada sistem operasi UNIX. pertama kali ditulis dan dikenalkan oleh Linus Torvald pada tahun 1991. Kernel linux pada saat awal dikenalkan sudah bisa menjalankan prosesor 80386, merupakan prosesor 32 bit pertama dari intel.

Prinsip Desain Kernel Linux

Semenjak Linux mengadopsi UNIX, maka linux juga mempunyai desain multiuser, multitasking, dan bahkan kompatibel dengan set tool yang sudah dipunyai oleh UNIX.

Komponen dari Linux System

Linux terdiri dari tiga bagian kode utama, yang secara umum implementasinya mengacu pada UNIX.

  • Kernel, yang secara penuh bertanggung jawab mengelola semua abstraksi dari sistem operasi, termasuk didalamnya adalah virtual memori dan proses.
  • System Library, menyediakan set fungsi standar yang memungkinkan aplikasi bisa berinteraksi dengan kernel. Fungsi ini mengimplementasikan fungsionalitas sistem operasi tanpa harus mempunyai akses kode perkode dari kernel.
  • System Utility, adalah program yang mempunyai tugas khusus untuk menangani hal tertentu berkaitan dengan sistem operasi. beberapa program hanya dipanggil sekali (biasanya pada saat awal sistem operasi dijalankan) untuk menginisialisasi beberapa aspek dari sistem, dan biasa disebut dengan istilah daemon dalam terminologi UNIX (bisa secara permanen dijalankan pada saat sistem operasi berjalan, digunakan untuk menangani proses seperti merespon pesan masuk pada jaringan, menangani operasi berkaitan dengan printer, menangani akunting atau log sistem operasi, etc.

Gambar 1

Management Process pada Linux

Proses pada Linux merupakan aktifitas permintaan user terhadap sistem operasi. Model proses pada Linux mirip dengan UNIX, dimana prinsip dasar keduanya menggunakan fungsi fork() dan exec(). fork() digunakan untuk membuat proses baru sedangkan exec() digunakan untuk memanggil program.

Kedua pendekatan diatas merupakan dua hal yang berbeda, dimana proses (child) bisa diciptakan tanpa membuka program baru, dan secara sederhana akan meneruskan program awal (parent) untuk mengeksekusi perintah yang sama pada program awal. Untuk membuat proses baru, bisa dengan mengetikan perintah langsung pada shell Linux. Proses yang dibuat bisa dalam mode foreground maupun background. Ketika proses dijalankan lewat shell secara default akan dijalankan dalam mode foreground dan proses akan bergantung dari proses shell, jika shel dimatikan, maka proses yang dijalankan tadi akan ikut mati. Kebalikan dari mode diatas adalah mode background, dimana proses dijalankan dibalik layar, dan tidak tergantung pada shell secara langsung, dan ketika shell dimatikan, proses tetap berjalan (ex: menjalankan perintah dengan diberi argumen &).

Identitas Proses

Setiap proses yang dijalankan mempunyai beberapa item identitas, diantaranya :

  • Process Id (PID), tiap proses punya identitas unik yang digunakan untuk menentukan proses pada sistem operasi ketika aplikasi membuat system call untuk pensinyalan, modify, atau wait pada proses tertentu. Identitas tambahan proses berkaitan dengan group proses (berbentuk proses tree dimana terbentuk oleh perintah fork() single user) dan login session.
  • Credentials, tiap proses harus berkaitan dengan satu User ID dan satu atau beberapa Group ID untuk menunjukan hak akses terhadap sumber daya yang digunakan dalam proses.

Process Environment

Pada sistem operasi Linux process environment terdiri dari dua komponen, argumen dan environment. Argumen adalah daftar opsi tambahan pada cli yang berkaitan dengan perilaku program ketika dijalankan, sedangkan environment adalah daftar parameter, baik berupa variabel, direktori home yang secara tekstual dibutuhkan oleh program.

Environment variable biasanya terdiri dari beberapa informasi seperti:

  • PATH, daftar lokasi direktori dimana file executable berada.
  • HOME, lokasi direktori home.
  • CPPLIBS, lokasi dimana library yang berkaitan dengan program disimpan.
  • HOSTNAME (*NIX) atau COMPUTERNAME (WIN32), digunakan untuk penamaan mesin.
  • USER (*NIX) atau USERNAME (WIN32), user yang digunakan pada saat login pada sistem operasi.

Tool Terkait Manajemen Proses pada Linux

Aplikasi ps

Tool yang digunakan untuk melihat snapshot dari proses terkini yang berjalan. Secara default, ps memilih semua proses dengan ID pengguna efektif yang sama (EUID = EUID) sebagai pengguna saat ini dan terkait dengan terminal yang sama dengan INVOKER (pemohon/user yang menjalankan ps). Ps menampilkan ID proses (pid = PID), terminal terkait dengan proses (tname = TTY), waktu CPU cumulated dalam [bb-] hh: mm: ss (waktu = TIME), dan nama executable (ucmd= CMD). Output tidak terurut secara default.

Beberapa opsi yang bisa digunakan dalam ps, antara lain

Contoh. Untuk melihat setiap proses pada sistem bisa menggunakan sintak standar :

  • ps -e
Gambar 2
  • ps -ef
Gambar 3
  • ps -eF
Gambar 4
  • ps -ely
Gambar 5

Sumber  : http://3rr0r.wordpress.com/category/sistem-operasi/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s